Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Fakta Menarik Dibalik Baju Operasi

Fakta Menarik Dibalik Baju Operasi

Diposting pada 7 Desember 2018 oleh mastha medica

Dunia medis sangatlah menarik untuk selalu kita ikuti perkembangannya. Begitu banyak sisi dunia medis yang kerap kali dibicarakan oleh masyarakat awam, Mulai dari berbagai macam penyakit, merebaknya virus tertentu, obat, vaksin, sistem pelayanan kesehatan, berbagai kasus kecelakaan, kasus keracunan, dan masih banyak isu-isu kesehatan menarik lainnya. Dari sekian banyak yang terkait dengan dunia medis, salah satunya yang pasti sangat dikenali oleh sebagian besar masyarakat awam adalah operasi.

Sekilas tentang operasi

Secara ilmiah, operasi adalah semua tindakan pengobatan  yang menggunakan cara invasif (suatu cara atau tindakan medis yang langsung dapat mempengaruhi keutuhan jaringan tubuh seseorang). Membuka ataupun menampilkan bagian tubuh seseorang ini umumnya dilakukan menggunakan sayatan. Setelah bagian tubuh tertampilkan, dilakukan tindakan perbaikan yang kemudian diakhiri dengan penutupan dan penjahitan.

Tindakan operasi ini dapat dilakukan di bagian tubuh manapun mulai dari organ-organ yang ada di kepala hingga kaki. Tentunya dengan diagnosis dan indikasi tertentu yang mengharuskan atau merekomendasikan bagian tubuh tersebut untuk di operasi dengan alasan kesehatan maupun keselamatan seseorang. Selama tindakan operasi berlangsung, pasien selalu diberikan tindakan anastesi atau pembiusan baik bius lokal maupun bius total. Operasi biasanya merupakan salah satu tindakan medis yang cukup ditakuti oleh sebagian besar orang yang menjalaninya, tak hanya orang atau pasien yang bersangkutan, keluarganya pun turut cemas kala tindakan operasi harus segera dijalani

Apa yang menarik dari tindakan operasi?

Dari semua tindakan operasi yang pernah anda jalani ataupun hanya anda saksikan di media, ada satu hal yang sebenarnya cukup menarik perhatian dan juga memunculkan rasa penasaran. Apakah itu? Bukan ruangan operasi atau peralatan operasi yang digunakan oleh tim medis, melainkan baju operasi berwarna hijau yang dikenakan oleh para dokter maupun perawat saat operasi berlangsung. Seperti yang telah kita ketahui selama ini bahwa seorang dokter umumnya tak pernah lepas dari jasnya yang berwarna putih njika sedang praktik di rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan lainnya. Namun, ketika melakukan tindakan operasi mengapa jas putih tersebut tidak digunakan dan mereka justru menggunakan baju operasi berwarna hijau?

Baju operasi yang berwarna hijau ini merupakan seragam bagi tenaga kesehatan yang wajib digunakan saat melakukan tindakan operasi. Operasi adalah suatu tindakan yang mengharuskan segala sesuatunya berada dalam keadaan sterile, hingga penggunaan seragam serta atribut lainnya yang juga harus steril. Selain baju operasi yang berwarna hijau, tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat yang terlibat dalam suatu tindakan operasi juga diharuskan untuk menggunakan penutup kepala khusus untuk operasi serta masker. bahkan bagi mereka yang berjilbab, ketika masuk ke ruangan operasi jilbabnypun juga harus diganti dengan jilbab yang berbeda. Di dalam rumah sakit, tindakan operasi dilakukan di sebuah ruangan khusus yang biasa disebut dengan ruang OK (Operatie Kamer, istilah dari bahasa Belanda)

Mengapa seragam operasi, khususnya baju operasi berwarna hijau?

Pernanhkah pertanyaan ini terlintas di pikiran anda ? Sudah pernah mencari tahu jawabannya? Bagi anda yang penasaran mengapa baju untuk tindakan operasi berwarna hijau, simak baik-baik ulasan ini ya karena pasti akan menjawab rasa penasaran anda ?

Ketika dokter bedah melakukan tindakan operasi, maka ia pun akan banyak menumpai berbagai macam warna merah seperti darah yang berwarna merah pekat, berbagai organ tubuh serta jaringan pada tubuh manusia yang sebagian besar berwarna merah, baik itu merah muda, merah tua, merah darah, serta merah lainnya. Jika seorang dokter terlalu lama melihat warna merah, kondisi ini selanjutnya akan dapat menyebabkan halusinasi pada mereka.

Selain itu melihat warna merah dalam jangka waktu yang terlalu lama juga dapat menyebabkan kurangnya kepekaan seseorang terhadap warna merah. Hal ini dikarenakan sinyal merah di otak akan memudar. Akibat dari kondisi tersebut, seseorang menjadi kurang jelas dalam melihat berbagai benda. Jika hal ini terjadi pada dokter saat operasi tentunya akan sangat fatal bukan? Karena dokter perlu mengamati berbagai organ tubuh ketika operasi berlangsung. Jangan sampai karena kepekaannya berkurang dokter manjadi salah mengoperasi bagian tubuh seseorang, sangat berbahaya tentunya.

Lalu mengapa pada akhirnya dipilih warna hijau? Bukan warna yang lainnya? Penggunaan warma hijau pada baju operasi untuk para tenaga medis ini bermula pada awal abad ke-20. Tujuannya untuk membantu penglihatan dokter pada saat melangsungkan operasi. Warna hijau akan membantu para dokter untuk melihat lebih baik karena dengan melihat warna hijau akan dapat menyegarkan penglihatan dokter dari dominansi warna merah yang terdapat pada darah dan berbagai organ tubuh lainnya.

Adapun alasannya tidak dipilih warna putih seperti jas dokter adalah karena disamping dapat mengurangi kepekaan terhadap warna yang sama, fokus yang terlalu lama terhadap warna merah juga dapat menyebabkan ilusi optik berwarna hijau di permukaan putih dan hal ini pun tentunya dapat mengganggu. Ilusi optik ini muncul ketika dokter mengalihkan pandangannya dari jaringan tubuh yang berwarna kemerahan kepada sesuatu yang berwarna putih. Ilusi optik warna hijau dari organ dalam pasien akan muncul pada latar belakang putih tersebut. Hal ini bisa terjadi karena warna putih memiliki semua spektrum warna, termasuk hijau dan merah.

Bagikan informasi tentang Fakta Menarik Dibalik Baju Operasi kepada teman atau kerabat Anda.

Fakta Menarik Dibalik Baju Operasi | Mastha.com

Belum ada komentar untuk Fakta Menarik Dibalik Baju Operasi

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR