Senin-Jum'at Buka jam 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu Buka Jam 07:00 s/d 19:00 & Hari Besar Tutup
Beranda » Blog » Memilih Sarung Tangan yang Berkualitas Berdasarkan Material

Memilih Sarung Tangan yang Berkualitas Berdasarkan Material

Diposting pada 23 Februari 2019 oleh mastha medica / Dilihat: 52 kali

Penggunaan sarung tangan (gloves) pada dasarnya adalah sebagai alat pelindung bagi tangan untuk aktifitas yang memerlukan sterilisasi dalam bidang kesehatan. Hal ini untuk mencegah adanya pertukaran zat, pertikel , bakteri atau kuman dari pasien ke dokter atau dari tangan dokter ke pasien. Berikut penjelasan berbagai sarung tangan dan materialnya :

Sarung Tangan Bedah

Sangat diperlukan dalam kegiatan dokter terutama ketika sedang melakukan operasi. Pemakaian sarung tangan yang tepat akan menjadikan tingkat kelancaran dalam pelaksanaan operasi. Sarung tangan operasi tidak hanya steril tetapi harus aman dan nyaman ketika dipakai oleh pelaku kesehatan.

Sarung Tangan Steril

Bukan hanya digunakan oleh para dokter atau perawat, akan tetapi pekerjaan yang berkaitan dengan bio hazard, zat kimia atau bahan cairan yang berbahaya yang dimungkinkan terjadi pertukaran atau kontaminasi terhadap tangan, diperlukan sebagai alat kesehatan pelindung tangan.

Beberapa bahan sebagai dasar dari meterial pembuatan sarung tangan yang biasa digunakan adalah karet Latex, Vinyl dan Nitril. Ketiga material tersebut berbeda dalam fungsi dan kegunaannya.

Sarung Tangan Latex

Sarung tangan latex terbuat dari bahan karet alam dari pohon Heven brazilliensis. Di dalam latex mengandung 25-40% bahan karet mentah (crude rubber) dan 60-75% serum yang terdiri dari air dan zat yang terlarut. Sarung tangan latex adalah sarung tangan paling elastis sampai saat ini. Tidak semua orang dapat menggunakan sarung tangan Latex, dikarenakan alergi. Reaksi alergi dapat bermacam-macam, mulai dari gatal hingga ruam pada kulit. Ketahanan sarung tangan Latex ini terhadap zat kimia masih kurang dibanding dengan sarung tangan berbahan lain. Keunggulannya disamping fleksibel, memiliki plastisitas yang baik sehingga pengolahannya mudah, tidak mudah panas dan memiliki daya tahan yang tinggi terhadap keretakan.Sarung Tangan Latex terdapat bubuk tepung atau Powdered untuk mudah dalam penggunaan ketika memasukan tangan.

Sarung Tangan Nitril

Sarung tangan nitril terbuat dari kopolimer karet sintetis dari akrilonitril (ACN) dan butadiena. Sarung tangan ini tahan terhadap minyak, bahan bakar dan zat kimia lainya. Pada umumnya digunakan oleh pelaku dalam industri otomotif atau yang berhubungan dengan mesin. Karena ketahanannya terhadap minyak dan suhu dari -40 ° sampai 108 °. Keunggulan lainya adalah tahan terhadap tusukan jarum dibanding Sarung Tangan Latex. Kekurangan salah satunya karena tingkat fleksibilitas yang rendah, sehingga kaku pada tangan. Umumnya powder free atau tidak ada bubuk atau tepung dan sedikit lebih tebal dari sarung tangan bahan lain.

Sarung Tangan Vinyl

Sarung tangan vinyl berbahan Polyvinyl chloride, a synthetic co-polymer atau PVC. Lebih tipis dan longgar mudah sobek. Biasanya digunakan untuk perlindungan bahan kimia.

Kami menyediakan berbagai sarung tangan yang berkualitas.

Jual Handscoon / Sarung Tangan Safe Gloves Putih

Jual Handscoon / Sarung Tangan Nitrile Glove Hitam Safe Glove

Jual Handscoon / Sarung Tangan Safe Gloves Bluple

Semoga Bermanfaat 🙂

Tags: , , , , ,

Bagikan ke

Memilih Sarung Tangan yang Berkualitas Berdasarkan Material

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Memilih Sarung Tangan yang Berkualitas Berdasarkan Material

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: