Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Macam-macam Kompres untuk Menangani Keluhan Sehari-hari

Macam-macam Kompres untuk Menangani Keluhan Sehari-hari

Diposting pada 29 Desember 2020 oleh mastha medica

Macam macam kompres

Siapa yang belum pernah dikompres?

Mengompres adalah kegiatan wajib yang dilakukan oleh ibu ketika kita sakit waktu kita kecil dulu. Iya kan?

Dengan menggunakan handuk kecil yang direndam air hangat. Setelah dikompres kita akan berkeringat dan akhirnya demam pun hilang. Begitu kata ibu dulu. Jadi rindu waktu kecil dulu hehehe

oke kembali lagi. Kompres pada umumnya digunakan untuk menurunkan suhu tubuh (demam) dan sangat sering dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri akibat kesleo, bengkak, dll. Kompres terbukti ampuh untuk mengobati kedua kondisi diatas. Namun perlu diperhatikan juga, jika menggunakan kompres degan cara yang salah membuat kerja kompres tidak efektif bahkan tidak bisa bekerja. Bukannya meredakan rasa nyeri kompres malah membuat peredaran darah menjadi semakin buruk.

Selama ini yang kita tahu, kompres bisa menggunakan air hangat atau es. Ternya penggunaan kompres juga ada aturannya lo… 🙂
Lalu bagaimana cara pemakaian yang benar dan alat yang digunakan ?

Basa basinya sudah terlalu panjang langsung saja kita bahas alat alat yang bisa digunakan untuk mengompres.
Eits…. sebelum itu, kita ketauhi dulu jenis jenis kompres terlebih dahulu ya 🙂

Untuk menangani keluhan keluan sehari hari terdapat 2 jenis kompres yang sering digunakan.
yaitu kompres panas dan kompres dingin.

A. Kompres Panas
Kompres panas bisa dibedan lagi menjadi 2, panas kering dan panas lembab.
a. Kompres panas kering
Bisa dilakukan dengan menggunakan bantal pemanas, lampu sinar inframerah, atau sauna
b. Kompres panas lembab
Bisa dilakukan dengan menggunakan handuk yang direndam, maupun mandi hangat

Fungsi utama dari kompres panas adalah untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah ke sel dan jaringan tubuh menjadi lancar. Selain itu juga membantu memulihkan jaringan tubuh yang cidera.
Contoh kondisi yang bisa ditangani :
• Nyeri atau kram otot
• Sakit kepala
• Demam
• Nyeri, bengkak (yang sudah berlangsung lama), dan kaku pada sendi akibat arthritis (radang sendi)
• Nyeri punggung
• Cidera oto / persendian
Perlu diperhatikan untuk hindari penggunaan suhu yang terlalu panas, karena bisa menyebabkan luka bakar dan jangan gunakan pada bagian tubuh yang memar, bengkak, atau mengalami luka terbuka.

 

B. Kompres Dingin
Kompres dingin dapat dilakukan dengan cara menggunakan handuk yang direndam air es, gel beku, dan es batu.Fungsi utama dari kompres ini adalah untuk mengurangi rasa nyeri, pembengkakan, peradangan akibat cidera.
Kondisi yang bisa ditangani dengan kompres ini :
• Gigitan serangga
• Kulit gatal/ terbakar sinar matahari
• Nyeri sendi
• Migrain
• Cidera peradangan pada jaringan otot

 

 

Setelah mengetahui jenis kompres, sekarang kita membahas mengenai alat yang bisa digunakan untuk mengompres.

1. Ice bag
ice bag adalah media kompres yang berupa kantong yang terbuat dari karet. Karet yang tebal dan dilengkapi dengan penutup yang erat, kantong ini bisa menjaga suhu es didalamnya supaya bertahan lama dan tidak mudah bocor. Ice bag ini termasuk alat kompres dingin. Cara pemakaiannya cukup mudah, cukup masukkan potongan potongan es kecil didalamnya, tutup, dan kompres siap digunakan. Untuk merknya ada banyak dan salah satu contohnya adalah ice bag dari merk onemed. Terdapat beberapa motif jadi tampilannya semakin menarik.

Perlu diingat. Jangan sekali kali menghancurkan es didalam kantung karena ujung ujung es batu yang tajam bisa merusak kantong kompres.

 

 

2. WWZ
WWZ (Warm Water Zak) merupakan alat kompres yang t erbuat dari bahan karet yang tebal dan dirancang khusus untuk menghangatkan tubuh. Ketebalan karetnya lebih tebal dari pada ice bag. Berbeda ice bag, WWZ merupakan alat kompres Panas. Cara pemakaiannya sangat mudah, kita tinggal masukkan air hangat batas maksimalnya ¾ dari WWZ), kemudian tutup bagian penutupnya dengan kuat,setelah itu bungkus dengan kain gunakan bantalan pada bagian yang sakit. Jiak selesai digunakan, buang isi didalamnya kemudina gantung dengan posisi terbalik dan tutup yang terbuka, agar WWZ kering dengan sendirinys

Jangan keringkan botol kompres di tempat yang suhunya berubah-ubah (seperti di atas kompor), di bawah bak cuci piring, atau di bawah sinar matahari langsung karena dapat menurunkan kualitasnya.

 

 

3. Hot cold pack gel

Ini yang paling instant. Karena hanya dengan 1 alat saja kita bisa menggunakannya untuk kompres panas maupun dingin. Uhuu multi fungsi ya..
Apapun merknya, bentuknya serupa. Kompres ini Cocok digunakan untuk mengompres bagian tubuh yang memar, sakit gigi, sakit kepala dan menurunkan panas saat demam.

Cara menggunakannya?
Sangat mudah!
Jika ingin digunakan untuk kompres dingin, cukup masukkan kompres selama 1 jam ke dalam freezer
Sedangkan untuk kompres panas cukup dengan masukkan kompres selama 10 detik ke dalam microvawe atau celupkan ke dalam air panas, jaga suhu supaya tidak terlalu panas.

ketiga alat kompres yang sudah disebutkan tadi, harganya di bawah 100 bahka ada yang di bawah 50 cukup murah bukan?

 

4. Bantal panas


Bantal panas? Termasuk alat kompres?ya. Bantal panas merupakan salat satu alat kompres panas kering. Ada banyak sekali bentuknya, ada pendek, panjang, bakah ada yang berbentuk ikat pinggang. Keluhan dari beberapa pembeli adalah dari baunya. Bantal ini memiliki bau yang menyengat. Namun ini hanya untuk beberapa pengguna saja, ada juga pengguna yang tidak terganggu dengan baunya. Jika sering digunakan, bau tersebut lama lama juga bisa hilang. Dan sekarang tidak usah khawatir karena sudah ada bantal panas yang dilengkapi dengan ramuan. Bukan ramuan cinta ya 🙂

Ramuan ini fungsinya untuk menghasilkan bau yang harum dan membuat pengguna lebih rileks.

 

 

5. Lampu inframerah

Sama seperti bantal panas, lampu inframera ini juga termasuk alat kompres panas kering. Fungsinya ada banyak sekali. Selain digunakan untuk mengurangi rasa nyeri, lampu sinar infra merah ini lebih sering digunakan untuk terapi, karena dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit. Bahkan bisa juga digunakan untuk kecantikan.
Tidak usah bingung karena tidak hanya rumah sakit atau klinik saja yang boleh menggunakannya. Namun kita sebagai orang awam pun bisa menikmati manfaat lampu ini di rumah. Bentuknya pun kecil portable.. ini adalah salah satu contohnya.

 

 

lalu alat kompres mana yang paling sesuai digunakan sehari hari dirumah?

Hot cold pack gel

Karena cara menggunakan yang sangat mudah, selain itu bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan. Apakah ingin digunakan untuk kompres panas ataupun kompres dingin. Satu hal lagi karena hot cold pack ini tidak perlu dibersihkan. kita cukup menunggu hingga suhunya kembali normal, setelah itu alat sudah bisa di simpan kembali 🙂

Bagikan informasi tentang Macam-macam Kompres untuk Menangani Keluhan Sehari-hari kepada teman atau kerabat Anda.

Macam-macam Kompres untuk Menangani Keluhan Sehari-hari | Mastha.com

Belum ada komentar untuk Macam-macam Kompres untuk Menangani Keluhan Sehari-hari

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 13%
STOK HABIS
OFF 34%
Rp 175.000 Rp 264.000
Ready Stock
SIDEBAR