Senin-Jum'at Buka jam 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu Buka Jam 07:00 s/d 19:00 & Hari Besar Tutup
Beranda » Blog » Tata Cara Penyuntikan Insulin

Tata Cara Penyuntikan Insulin

Diposting pada 11 Maret 2020 oleh mastha medica / Dilihat: 211 kali

Mempertimbangkan tentang bagaimana cara menyuntik insulin yang benar akan menentukan keberhasilan Anda dalam merawat dan mengelola penyakit diabetes melitus.

Secara teori, kesuksesan seorang diabetesi tipe 1 atau 2 dalam mengelola gula darah mereka adalah tergantung dari tingkat pengalaman dalam pengaturan insulin secara benar dan terkontrol, dan ini mungkin membutuhkan waktu untuk belajar.

Insulin ekstra yang disuntikkan harus tepat dosis dan jenis, tepat waktu, pemilihan situs atau lokasi suntik yang tepat, dan teknik serta cara suntik yang benar.

Berikut adalah panduan tentang tips dan cara menyuntik insulin yang benar secara mandiri, cepat, tepat dan akurat

1. Siapkan peralatan dan bahan
Persiapan peralatan dan bahan itu meliputi : kapas, alk0h0l 70%, alat suntik dan insulin. Semua peralatan dan bahan sebaiknya diletakkan dalam satu wadah.

Jika anda berada di rumah, lebih baik memilih sabun anti kuman dan air hangat untuk sterilisasi situs suntik ketimbang Anda menggunakan kapas dan alk0h0l. Penggunaan alk0h0l mungkin diperlukan di lain waktu ketika anda berada di luar rumah.

Untuk dosis insulin, anda harus mengonsultasikan ke dokter sebab tiap orang berbeda dosisnya. Pilihlah jenis insulin yang akan anda gunakan dengan meilhat kemasan insulin, apakah jenis insulin reaksi cepat, lambat atau menengah.

Jangan menggunakan insulin yang dingin. Jika anda mengambil insulin dari kulkas, biarkan hingga 25 – 30 menit ke depan agar insulin mendapat suhu kamar dan hangat. Ini sangat penting karena memengaruhi tingkat penyerapan insulin ke tubuh dan mencegah rasa sakit.

2. Mengambil insulin

  • Ambil jarum suntik anda, tentukan target dosis insulin yang akan diambil. Tarik plunger untuk mengambil udara yang disesuaikan atau digambarkan dengan jumlah dosis insulin.
  • Tujuannya, untuk memudahkan anda saat mengambil insulin dari wadah. Sebab, kemasan insulin dibuat dengan ruang vakum. Jika Anda tidak mengambil udara, anda akan kesulitan saat mengambil insulin dari kemasan.
  • Selain itu, cara ini akan mempermudah Anda saat mengambil dosis insulin dengan cepat dan tepat.
  • Campur insulin agar homogen dengan menggulung-gulungkan wadah dengan telapak tangan. Jangan dikocok. Bersihkan vial tutup kemasan insulin dengan alk0h0l dan biarkan kering.
  • Masukkan jarum ke dalam kemasan insulin, tarik plunger untuk mengambil insulin. Saat memasukkan jarum suntik, pastikan wadah insulin dengan posisi terbalik. Teknik ini dilakukan untuk menghindari gelembung udara dan mempercepat pengambilan insulin.

3. Tentukan situs atau lokasi target suntik.
Sebenarnya, tak ada tempat atau lokasi khusus terkait situs penyuntikan. Intinya, Anda boleh menyuntikkan insulin dimana saja.

Yang penting, Anda memilih lokasi dimana itu terdapat lemak sub kutan. Akan tetapi, kebanyakan jaringan lemak muncul di lengan bawah, bagian bawah perut, atau pangkal kaki bagian atas. Ke tiga situs ini adalah lokasi yang tepat dan mudah dijangkau.

Lokasi penyuntikan harus berputar dan berpindah-pindah dengan diberi jangka waktu hingga 2 minggu. Selain menyakitkan, akan menimbulkan jaringan parut jika anda menyuntikkan insulin pada area yang sama dalam beberapa waktu.

4. Lakukan menyuntikkan insulin secara tepat

  • Setelah Anda mengambil insulin dari kemasan, pastikan tak ada gelembung yang muncul di bagian dalam tabung suntik. Jika muncul gelembung, tekan plunger ke arah atas agar gelembung dapat keluar.
  • Jika masih terdapat gelembung namun kecil, ini tidak membahayakan kesehatan anda ketimbang anda memaksa untuk mengeluarkan gelembung kecil namun mengurangi dosis insulin.
  • Bersihkan area situs suntik dengan kapas dan alk0h0l, namun akan lebih baik jika anda menggunakan air hangat dan sabun anti kuman. Biarkan kulit anda mengering sebelum mulai menyuntikkan insulin.
  • Cubit atau jepit area lokasi suntik dengan ibu jari dan jari-jari anda, kemudian tarik ke atas. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko intra muskular ( jarum masuk hingga melewati otot ).
  • Masukkan perlahan jarum suntik dengan kemiringan tegak lurus atau 90 derajad. Kemiringan jarum suntik 45 derajad hanya untuk orang kurus atau anak-anak. Jangan teralu menekan jarum dengan berlebihan agar jarum tidak masuk ke otot.
  • Masukkan insulin secara perlahan dengan menekan plunger. Jangan melepaskan jepitan tangan anda sebelum semua dosis insulin masuk ke dalam kulit.
  • Jangan mengubah arah jarum suntik sebelum semua insulin masuk ke jaringan kulit. Ambil waktu hingga 10 detik setelah insulin masuk sebelum anda melepaskan jepitan.
  • Setelah selesai, goyangkan area bekas suntikan dengan ujung jari anda untuk menghindari darah atau insulin yang keluar akibat arus balik.

5. Buang jarum bekas suntikan.
Jangan menggunakan kembali jarum bekas. Ini akan menimbulkan sensasi rasa sakit dan kemungkinan resiko infeksi akan muncul jika anda menggunakan jarum bekas kembali. Buanglah jarum di wadah khusus yang aman dan ini disediakan di apotik.

6. Tips menghindari rasa sakit saat melakukan suntikan insulin
Kadang, Anda atau terutama anak-anak merasa takut akibat rasa sakit yang disebabkan masuknya jarum suntik ke jaringan kulit. Namun, insiden tersebut dapat dihindari dengan cara menyuntik insulin yang benar, tanpa merasakan sakit.

  1. Gunakan jarum suntik yang baru.
    Jarum suntik dibuat dengan sangat tajam dan ditambah dengan pelumas yang memudahkan masuknya jarum ke kulit dengan cepat sehingga menghindari rasa sakit. Jika anda menggunakan jarum bekas, ketajaman dan pelumas mungkin sudah hilang sehingga menimbulkan rasa sakit. Selain itu, resiko infeksi semakin memperburuk kondisi anda.
  2. Pastikan insulin dalam keadaan hangat di suhu kamar, jika insulin dalam keadaan dingin maka akan menyebabkan kekakuan otot bahkan bisa menyebabkan peradangan.
  3. Jangan mengubah arah saat melakukan suntikkan, ini akan menyebabkan goresan pada sebelah dalam kulit dan bisa menimbulkan luka baru. Tentunya anda akan merasakan sakit. Jadi, konsentrasi dan fokus dengan arah suntikan dengan menetapkan arah kemiringan, 90 atau 45 derajad.

7. Cara menyuntikan insulin di tangan atau lengan
Semua lokasi atau situs penyuntikan adalah mudah dijangkau, kecuali lengan. Menyuntikkan insulin ke lengan bagian bawah ( bagian trisep ) membutuhkan teknik khusus. Bagaimana cara menyuntik insulin yang benar pada tangan atau lengan?

  1. Ambil posisi duduk atau jongkok.
  2. Tekan lengan yang menjadi situs suntik dengan lutut anda supaya jaringan otot dan lemak bisa terangkat ke atas. Penekanan hendaknya secara perlahan dan santai agar otot bisa rileks serta tidak kaku.
  3. Suntikkan jarum dengan tangan anda dari arah atas.Semoga artikel ini bermanfaat.

 

mastha.com menjual jarum suntik untuk insulin dengan harga murah dan kualitas terbaik.

Cara pemesanan, klik link disini 

Tags: , , , , , ,

Bagikan ke

Tata Cara Penyuntikan Insulin

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Tata Cara Penyuntikan Insulin

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: