Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Macam –Macam Alat Pengukur Suhu (Termometer) Tubuh yang Paling Banyak Digunakan

Macam –Macam Alat Pengukur Suhu (Termometer) Tubuh yang Paling Banyak Digunakan

Diposting pada 22 Desember 2020 oleh mastha medica

Macam –Maacam Alat Pengukur Suhu (Termometer) Badan


Termometer adalah hal yang tidak asing lagi dalam dunia permedisan. Alat yang berfungsi untuk mengukur suhu atau temperatur ini sudah banyak digunakan tidak hanya oleh dokter saja, namun ibu rumah tangga juga banyak yang menyediakannya di rumah.

Ya… cara pemakaian yang mudah, apalagi sudah banyak jenis thermo yang dilengkapi dengan tegnologi, membuat alat ini semakin cepat dan mudah digunakan. Lalu apa saja jenis thermometer yang bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh? Berikut ini kami rangkumkan macam macam thermometer suhu yang paling banyak digunakan beserta cara pemakaian, kelebihan dan kekurangannya.

 

1. TERMOMETER RAKSA

 

Bentuk thermo meter ini pasti tidak asing untuk dilihat. Dengan tampilan khas berupa tabung kaca yang berisi cairan berwarna perak di dalamnya. Harganya yang ekonomis, serta cara pemakaian yang praktis membuat termometer jenis ini banyak dipilih untuk digunakan untuk mengukur suhu badan. Kelebihan lainnya adalah termometer jenis ini merupakan termo yang keakurasiannya lebih tinggi dari pada termo digital maupun termogun .

Namun dibalik banyaknya kelebihan ada juga bahaya yang tersimpan dibaliknya. Selain bahaya karena tabung kacanya yang mudah pecah dan bisa saja melukai penggunaannya, bahaya utama terletak pada cairan berwarna perak di dalamnya atau kandungan air raksanya. Termometer air raksa yang pecah atau bocor bisa mengeluarkan senyawa merkuri yang berubah menjadi bola-bola kecil pada suhu ruangan dan senyawa merkuri ini bisa sangat beracun dan berbahaya jika terhirup atau masuk ke dalam tubuh. Walaupun jumlah merkuri dalam termometer air raksa belum tentu dapat menyebabkan keracunan merkuri, tetapi masih terdapat kemungkinan Anda atau keluarga secara tidak sengaja menelan atau menghirup senyawa merkuri dalam jumlah banyak.

Bahkan, beberapa negara sudah melarang peredaran dan penjualan termometer air raksa. Dan di Indonesia sendir,i termometer jenis ini sudah susah didapatkan karena banyak supllier yang menghentikan produksinya (kosong pusat).

Berikut dalah cara penggunaan thermo raksa yang benar dan aman:
a) Sebelum digunakan, bersihkan thermo raksa terlebih dahulu terutama pada bagian ujung yang berisi air raksa. Supaya lebih higenis gunakanlah cairan pembersih yang mengandung alkohol
b) Sebelum menempelkannya pada kulit, kibaskan termometer dengan kuat beberapa kali. Fungsinya adalah supaya seluruh air raksa kembali ke tabungnya atau berada di bawah angka 35 derajat Celcius.
c) Angkat lengan dan selipkan disela sela ketiak dalam keadaan terjepit. Pastikan ujung termometer menempel langsung pada kulit pengguna.
d) Diamkan beberapa menit (3 sampai 5 menit ) hingga air raksa bergerak naik. Bila perlu jaga posisi pengguna supaya tidak banyak bergerak.
e) baca hasilnya dengan melihat air raksa berhenti pada angka berapa.
f) Setelah digunakan, bersihkan lagi termometer sebelum disimpan

  • Kelebihan
    Harga paling murah dan tingkat keakurasiannya paling tinggi
  • Kekurangan
    • Waktu pengukuran lebih lama
    • Tidak ada alarm pengukuran, jadi pengguna harus mengatur waktu secara manual
    • Tidak mampu mengukur suhu yang rendah, hanya mampu mengukur suhu panas saja
    • Memiliki resiko bahaya

REVIEW TERMOMETER RAKSA

 

2. Termo Digital

 

Termometer jenis ini adalah termometer yang paling banyak digunakan. Baik oleh dokter, di klinik, maupun orang awam, banyak yang menggunakan. Cara penggunaan yang sangat mudah. Bahkan lebih mudah dari pada thermo raksa, yakni cukup 1 kali tekan tombol on letakkan pada ketiak, mulut, atau anus, hasil akan keluar secara otomatis hanya dalam beberapa saat saja.

Jenis dari thermo digital sendiri ada 2 yaitu Lentur dan Kaku. Bagaimana cara membedakannya? Perbedaannya hanya terletak pada ujung Termo yang kaku atau lentur. Termometer jenis ini banyak tersedia dalam beberapa merk seperti ABN, AVICO, OMRON, General Care. Diantara merk tersebut yang dipercaya paling akurat adalah Termo Digital dari Merk Omron.

Temometer Digital Kaku

Termometer Digital Lentur 


Seperti alat alat pada umumnya, termo digital ini juga mempunya kekurangan dan kelebihannya tersendiri.

  • Kekurangan :
    Tingkat keakurasian bisa dipengaruhi oleh melemahnya fungsi baterai, jadi harus rajin mengganti baterai, misalnya 3 bulan 1 kali ganti.
  • Kelebihan :
    1. Cara pemakaian yang paling mudah dan super cepat
    2. Mempunyai alarm yang menandakan hasilya sudah keluar
    3. Hasil pengukuran yang lebih mudah dibaca

REVIEW TERMOMETER DIGITAL

 

3. TERMO TELINGA DIGITAL

Termo jenis ini menggunakan sinar infra merah untuk mengukur suhu di dalam saluran telinga. Jika dilihat dari harganya, termo ini lebih mahal dari pada termo raksa dan termo digital. Ada beberapa merk yang memproduksi termometer jenis ini contohnya, LOTUS, OMRON,BENETECH.

Cara penggunaan yang cukup mudah, membuat beberapa orang lebih suka menggunakan termo jenis ini. Sayangnya, tingkat keakuratan alat yang mudah terpengaruh (misal dipengaruhi oleh banyaknya kotoran ditelinga dan posisi meletakkan salah) membuat hasil yang keluar tidak akurat. Oleh karena itu banyak yang memilih untuk menggunakan termo jenis lain dari pada termo telinga ini.

cara menggunakan:
• Tempatkan tutup pelindung di ujung termometer
Tarik bagian atas telinga dengan lembut untuk membuka saluran telinga
• Masukkan termometer dengan lembut hingga saluran telinga tertutup sepenuhnya
• Tekan dan tahan tombol selama 1-2 detik sampai terdengar bunyi bip (sesuai instruksi dalam kemasan produk).
• Lepaskan termometer, lepaskan penutup, dan baca hasil pengukuran

  • Kelebihan:
    Penempatan posisi yang benar, akan membuat termo ini bisa dengan cepat merekam suhu dan memunculkan hasilnya secara otomatis
  • Kekurangan
    1. Banyak hal yang menurunkan tingkat keakurasiannya (posisi penempatan yang kurang pas, banyaknya kotoran di dalam telinga, pengguna yang terlalu banyak bergerak)
    2. harga lebih mahal
    3. tidak direkomendasikan untuk bayi yang baru lahir

REVIEW TERMOMETER TELINGA DIGITAL

 

4, TERMOGUN

Siapa yang masih asing dengan alat yang satu ini? Penggunaan yang praktis serta sangat mudah, alat ini bisa mengukur suhu tanpa menyentuh objek pengukuran. secara alami, setiap benda akan memancarkan panas, termasuk tubuh manusia. Panas inilah yang kemudian ditangkap oleh sensor yang ada di dalam thermogun tersebut. Untuk jenisnya sendiri termo gun ada 2 yaitu thermo gun klinik untuk mengukur suhu tubuh manusia dan thermo gun industri.

Untuk pembaca jangan sampai salah beli ya, karena kedua alat ini memiliki bentuk yang sangat mirip. Termogun klinik, digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia. Oleh karena itu, supaya lebih jarak pengukuran tidak boleh terlalu jauh yakni berkisar antara 1-10 sentimeter. Sein itu termo klinik juga mempunyai rentang pengukuran yang lebih pendek (32 – 42 derajat). Sedang termo industri digunakan untuk mengukur suhu benda yang sulit dijangkau oleh tangan manusia. Oleh karena itu termo ini dilengkapi dengan laser dan bisa digunakan walaupun jarak pengukurannya cukup jauh. Karena digunakan untuk melihat suhu dari benda, rentang pengukuran dari termo industri ini lebih panjang yakni sampai dengan 500 derajat celsius atau lebih. Perhatikan dulu ya sebelum membeli termo ini. Jangan sampai salah :”)

Termogun Klinik

Termogun Industri

 

  • Kelebihan:
    1. Cara penggunaan yang sangat mudah dan pengukuran yang sangat cepat
    2. Sesuai untuk pengecekan banyak orang karena waktu sangat cepat
    3. Sesuai untuk pengguna yang tidak bisa diam (banyak bergerak)
  • Kekurangan
    1. Jarak yang terlalu jauh bisa mempengaruhi tingkat keakutan termo ini
    2. harga sedikit lebih mahal

REVIEW TERMOGUN

 

info pemesanan silahkan hubungi via wa kami di nomor : 085207332332:)
Klik link dibawah ini untuk info kontak lainnya :: * linktr.ee/masthamedica

Bagikan informasi tentang Macam –Macam Alat Pengukur Suhu (Termometer) Tubuh yang Paling Banyak Digunakan kepada teman atau kerabat Anda.

Macam –Macam Alat Pengukur Suhu (Termometer) Tubuh yang Paling Banyak Digunakan | Mastha.com

Belum ada komentar untuk Macam –Macam Alat Pengukur Suhu (Termometer) Tubuh yang Paling Banyak Digunakan

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR